Bahaya telat ganti oli mobil?

2 minggu yang lalu    

 

Oli mobil adalah perawatan paling dasar yang biasanya dilakukan oleh pemilik mobil. Padahal, bagi orang malas yang melakukan perawatan mobil, ganti oli selalu dilakukan. Sayangnya, mereka umumnya kurang peduli tentang waktu yang tepat untuk mengganti oli dan hanya melakukannya saat kendaraan melakukan perjalanan jauh. Terutama untuk kendaraan yang jarang digunakan. Menurut mereka, oli mobil akan berkualitas baik selama mobil itu tidak digunakan.

 

Namun, benarkah itu?

Ternyata, mitosnya sangat salah. Akibatnya, kualitas oli akan terus menurun bahkan jika mobil tidak digunakan. Inilah sebabnya, selain jarak tempuh, manual mobil juga menyebutkan interval waktu yang paling tepat untuk penggantian oli. Nah, untuk mobil yang jarang digunakan, tetapi begitu mereka terbiasa mengemudi di jalan yang sangat ramai, selain jarak dan waktu, Anda juga harus memperhatikan kecepatan mobil. Karena, bahkan jika mobil tidak bergerak ketika dan macet, mesin terus berjalan untuk menjaga pelumas berjalan.

Apa bahayanya tidak mengganti oli tepat waktu? Inilah beberapa di antaranya:

1.Oli yang sudah lama mengandung beberapa kotoran dan bisa menyumbat pipa minyak, sehingga minyak tidak bisa mengalir dengan lancar. Akibatnya, komponen mesin tidak memiliki pasokan oli yang memadai untuk dilumasi selama bekerja dan memperpendek umur mesin.

2.Selain tidak berfungsi secara optimal karena halangan, minyak yang terlalu lama akan menjadi lebih gelap, lebih tebal dan kehilangan sifat pelumasnya. Jadi, bahkan jika oli dapat mengalir dengan lancar ke mesin, ia tetap tidak akan melumasi mesin secara optimal.

3.Non-pelumasan mesin menyebabkan performa yang semakin berat. Akibatnya, mesin akan membutuhkan sumber daya tambahan dari BBM, yang akan boros.

4.Mesin yang tidak dilumasi secara maksimal oleh oli akan memanas karena gesekan yang tinggi. Selain itu, oli juga berperan sebagai sistem pendingin mesin mobil. Ketika cairan ini tidak diganti tepat waktu, oli tidak dapat beroperasi secara optimal, yang dapat menyebabkan mobil terlalu panas.

Masalah yang terjadi pada mobil juga bisa menjadi masalah dalam jangka panjang. Jadi, pastikan Anda selalu teratur ganti oli mobil!




Komentar Artikel "Bahaya telat ganti oli mobil?"