Mengurangi Mobil Limbung dengan Karet Peredam Guncangan

3 bulan yang lalu

Selain dengan menggunakan karet peredam guncangan, sebenarnya ada solusi lain yang bisa dicoba untuk mengurangi mobil limbung di tikungan. Mana solusi yang paling efektif? Pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya dengan tuntas.

Mengapa hal ini perlu dibahas? Karena efek limbung atau bodyroll yang dulu sering dikeluhkan pemilik mobil berukuran bongsor kini juga dikeluhkan oleh pemilik mobil-mobil berukuran lebih kecil. Jadi jika andapun merasakan masalah yang sama, penjelasan kali ini semoga bisa menjadi solusinya.

 

 

Penyebab Terjadinya Efek Limbung pada Mobil

Limbung pada mobil adalah kejadian dimana mobil terasa miring saat melintasi jalan menikung. Ketika mencoba berbelok, berat mobil serasa terlempar ke arah luar tikungan. Sebagai pengendara tentunya akan merasa kurang nyaman karena khawatir mobil akan terguling.

Walaupun biasa terjadi pada mobil dengan ukuran bongsor, nyatanya beberapa mobil ukuran lebih kecil juga kini mulai dikeluhkan pemilik mobil memiliki efek limbung saat di tikungan. Hal ini biasanya terjadi karena kondisi mobil yang tidak ideal untuk melewati jalan menikung. Kondisi tidak ideal tersebut diantaranya adalah:

  • Shock Absorber Sudah Lemah

    Ya, jika sebelumnya mobil tidak memiliki efek limbung dan tiba-tiba sekarang mulai ada gejala limbung, maka sudah dipastikan ada masalah pada shock absorber mobil. Lakukan pengecekan sesegera mungkin dan lakukan penggantian shock absorber yang memang sudah melemah.

  • Karet Bushing Suspensi Sudah Rusak

    Ada kemungkinan juga efek limbung terjadi akibat rusaknya karet bushing suspensi. Masalah yang biasanya muncul adalah karet bushing yang longgar ataupun aus. Padahal kalau karet bushing longgar, mengatur sudut kemudi akan menjadi lebih sulit. Hal tersebut tentu menyebabkan terjadinya efek bodyroll saat mobil mencoba menikung.

  • Ball Joint Rusak

    Selain karet bushing suspensi, ball joint yang rusak juga menjadi sumber masalah limbung pada mobil yang menyebabkan kemudi susah diatur sudutnya. Ciri dari ball joint rusak adalah muncul bunyi seperti besi dipukul-pukul dari arah kaki-kaki mobil.

  • Bentuk Komponen Suspensi yang Berubah

    Perubahan bentuk pada komponen suspensi ini bisa disebabkan oleh terbentur, atau karena memasang komponen suspensi baru yang ternyata tidak sesuai bentuk dan ukurannya. Jadi jika masalah limbung terjadi setelah anda melakukan penggantian suspensi mobil, maka sudah dipastikan apa yang jadi penyebab masalah ini.

  • Kurangnya Tekanan Angin pada Ban Mobil

    Ketika efek limbung terjadi, kemungkinan juga terjadi karena ban kekurangan angin. Cobalah isi ban dengan tekanan idealnya.

Lantas apa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah limbung ini? Ada beberapa solusi yang bisa dilakukan.

Karet Peredam Guncangan Sebagai Solusi Mengatasi Masalah Mobil Limbung

Jika masalah limbung terjadi akibat kerusakan komponen mobil, maka solusinya adalah dengan melakukan penggantian pada komponen yang rusak itu. Namun jika masalah limbung masih juga muncul setelah semua komponen dicek dan sudah tidak ada masalah, maka kemungkinan besar karena memang sistem suspensi mobil dari awal akan memberikan efek limbung di tikungan.

Untuk menghilangkan efek limbung ini, menggunakan Buffer atau karet peredam guncangan menjadi solusi terbaik. Alat yang diletakkan pada sela per mobil membantu menahan guncangan dan efek bodyroll pada mobil sehingga efek terlempar ke luar tikungan dapat diredam.

Itulah beberapa penyebab dan solusi mengatasi masalah mobil limbung. Jika anda membutuhkan karet peredam guncangan untuk memastikan mobil tidak lagi mengalami masalah ini, pastikan memilih karet peredam dengan kualitas yang baik, dan ukuran yang sesuai dengan jarak sela per suspensi mobil anda.