Penyebab Aki Tekor dan Soak

1 bulan yang lalu    

Aki mobil adalah salah satu komponen penting dalam mobil karena aki mobil mempunyai tugas untuk memenuhi kebutuhan arus listrik pada mobil anda. Lalu bagaimana jika aki mobil anda mengalami tekor atau soak? Akibatnya mobil anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Lalu apa penyebab aki mobil tekor? Berikut penyebab-penyebab aki mobil anda tekor.

 

  1. Terjadinya Konsleting listrik pada Aki

Terjadinya konslet karena disebabkan oleh arus listrik yang mengalir dari kutub positif ke kutub negatif tanpa melewati beban, akibatnya listrik akan mengalirkan muatan listrik yang sangat besar efeknya suhu menjadi panas lalu dapat mengakibatkan terjadinya kebakaran pada kabel tersebut.

Untuk mencegahnya dapat di pasangkan pengaman pada setiap rangkaian dalam mobil anda dan lakukanlah perawatan yang rutin agar terhindar dari konslet yang dapat berakibat pada drop atau tekornya aki pada mobil anda.

 

  1. Aki mobil jarang dipakai

Jika anda pernah memakai aki sebentar dan lalu menyimpannya dalam kurun waktu yang cukup lama ini dapat menjadi penyebab mengapa aki mobil anda menjadi tekor.

Di dalam aki mobil terdapat sebuah proses yang disebut self discharge yang berarti aki habis dengan sendirinya walaupun tidak dipakai.

Kejadian seperti ini adalah hal yang ilmiah karena aki memiliki sifat kimiawi, yaitu sifat yang jika dalam kurun waktu tertentu tidak dipakai, maka reaksi kimia tersebut akan terhenti dengan sendirinya.

 

  1. Aki mobil anda sudah berumur atau sudah lama

Umur aki pada mobil tergantung dari pemakaian dan perawatan yang dilakukan pada mobil.

Aki Maintenance free atau MF, biasanya berumur sekitar 1-2 tahun,

lalu untuk aki basah sangat diperlukan perawatan karena menggunakan air yang volumnya dapat berkurang dan lalu habis.

 

  1. Beban listrik terlalu banyak

Pemakaian listrik pada mobil yang berlebihan dapat berakibat pada tekornya aki mobil anda . Dibawah ini adalah sebuah contoh peyebab borosnya penggunaan listrik pada mobil anda:

  1. Pemasangan dan penggunaan lampu- lampu aksesoris yang bukan standarnya menjadi penyebab banyaknya pemakaian listrik pada mobil anda, contohnya penggunaan lampu HID pada mobil anda.
  2. Pemakaian klason yang bukan standarnya, misalnya klakson telolet.
  3. Penggunaan perangkat- perangkat audio dan video dalam mobil anda, karena membutuhkan banyak daya listrik yang dikeluarkan akibatnya aki menjadi tekor.

Jika mobil anda menggunakan beberapa contoh di atas pada mobil anda sebaiknya anda juga mebambah kapasitas daya pada aki mobil anda serta menambah alternator dengan daya yang lebih besar.

 

  1. Sistem pengisian yang bermasalah

Penyebab ke lima dari aki mobil yang tekor adalah karena sistem pengisian yang bermasalah(Charging system) . Sistem pengisian biasanya dilakukan oleh alternator pada mobil namun alternator tersebut tidak bekerja sebagaimana harusnya.

Rusaknya alternator , terminal aki yang kendor juga menjadi penyebab sistem pengisian menjadi bermasalah, ada juga karena fuse pengisian yang putus lalu ada socket alternator yang kendor juga dapat jadi penyebab rusaknya sistem pengisian pada mobil anda.

 

  1. Kelalaian pengendara

Kelalaian pengendara juga dapat menjadi penyebab mengapa aki mobil anda menjadi tekor.

Misalnya pengendara yang meninggalkan kendaraannya padahal masih ada beberapa komponen listrik yang masih menyala, contohnya juag seperti lupa mematikan lampu- lampu pada mobil, kurang rapatnya dalam menutup pintu mobil, charger handphone yang masih tersambung dengan cigarret lighter.

Pada dasarnya aki mobil menanggung semua beban penggunaan listrik di dalam mobil anda. Lama kelamaan, listrik dalam aki mobil anda akan segera berkurang dan berkurang lalu habis, akibatnya mobil anda menjadi mogok.




Komentar Artikel "Penyebab Aki Tekor dan Soak"