Perbedaan Wiper Konvensional, Frameless & Hybrid

2 minggu yang lalu    

Wiper merupakan komponen penting penunjang keselamatan berkendara kala hujan, karenanya, pemilik mobil harus rajin mengecek kondisi wiper. Apabila sapuan airnya sudah tak maksimal, hal ini akan mengganggu visibilitas pengemudi, maka segeralah ganti.

 

Tapi tahukah Anda Otolovers, kalau ternyata wiper ini terdiri dari 3 jenis. Yakni konvensional, hybrid, dan flat-blade. Apa beda ketiganya?

 

  1. Konvensional

Wiper konvensional adalah teknologi lama yang secara desain dilengkapi dengan komponen braket dan karet. Wiper jenis ini sudah tidak ada di pasaran. Selama bertahun-tahun, wiper konvensional telah menjadi suku cadang standar untuk menyeka kaca depan mobil. Meski begitu, karet pada wiper konvensional kerap memberikan titik tekanan yang berbeda sehingga beberapa bagian kaca depan mobil tidak terseka.

"Karena teknologi lama. Wiper konvensional sudah tidak ditemukan lagi di mobil-mobil baru".

 

  1. Wiper Frameless

"Wiper frameless memiliki model yang lebih menarik jika dibandingkan dengan wiper konvensional yang menggunakan ‘tulang’. Hal ini pula yang menyebabkan mobil-mobil generasi modern menggunakan wiper jenis ini.

 

"Wiper frameless dibuat menggunakan bahan karet yang lentur dan lembut. Meski begitu, nyatanya karet tersebut sudah sangat kuat untuk membersihkan air di kaca mobil. Karena dibuat dengan bahan yang lembut, wiper blade model ini sangat aman dan karena tak ada batang besi yang keras, diklaim tidak akan menggores kaca ketika karet mulai menipis.

 

"Karena tidak menggunakan besi penyangga atau frame, maka wiper frameless tidak akan berkarat. Karat pada rangka wiper, selain merusak penampilan, juga dikhawatirkan menyebabkan noda pada kaca.

 

  1. Wiper Hybrid

"Wiper hybrid punya struktur yang mengolaborasikan frameless dan konvensional. Di mana masih ada braket dan holder plastik".

 

Desain frame metal sudah berubah dibanding model biasa. Yakni lebih tipis dan berhimpitan sehingga tekanan ke kaca lebih merata sampai ke ujung wiper. Material karet sudah menggunakan natural rubber yang dilapis graphite. Lapisan yang hydropobic ini tidak menyerap air sehingga enggak melar, mengeras dan bikin kaca baret.

 

Teknologi HYDROPHOBIC yang bersifat menolak segala jenis cairan menjadikan karet pada wiper wealthy hybrid jauh lebih bersih untuk menghapus air pada permukaan kaca mobil anda, hasilnya kaca mobil anda bersih dan tidak ada butiran2 air yang tersisa pada kaca mobil anda.

 

Nano Graphite Coating Teknologi pada wiper memperpanjang usia pakai wiper sehingga wiper tidak mudah rusak, selain itu juga memperhalus gesekan yang timbul dengan kaca sehingga hasil sapuan hening tanpa suara.

 

Teknologi desain HYBRID pada wiper memaksimalkan tekanan pada seluruh permukaan wiper sehingga hasil sapuan wiper akan menjadi jauh lebih bersih dibanding wiper biasa.




Komentar Artikel "Perbedaan Wiper Konvensional, Frameless & Hybrid"